Membuat halaman Privacy Policy dan Terms of Service (TOS)

Halaman privacy policy dan terms of service (bisa terpisah atau jadi satu halaman) adalah hal yang mutlak dimiliki oleh kita sebagai pemilik web yang mendapat kunjungan dari luar Indonesia khususnya eropa.

Secara default, ada beberapa fitur WP Typeface berada di wilayah abu abu… dimana bisa menguntungkan sekaligus merugikan semua pihak, baik seller maupun pembeli.

Tulisan ini merupakan panduan cara mengatur web kita agar sesuai dengan regulasi yang berlaku.

Pertama kita bahas dulu fitur WP Typeface apa saja yang ada di wilayah abu abu…

1. WP Typeface secara otomatis mendaftar setiap pembeli sebagai user, sehingga tidak ada satupun pembelian yang bersifat anonim.

Itu sebabnya di panduan penggunaan, tidak disarankan untuk mengaktifkan fitur akses pendaftaran maupun login pembeli di pengaturan woocoomerce.

Ada yang masih mengaktifkan fitur itu? Sebaiknya dikembalikan ke posisi default seperti gambar di bawah. Pengaturan ini dapat ditemukan di menu Woocommerce >> Settings >> Account & Privacy.

Dengan fitur ini, kita sebagai seller tetap dapat menyimpan data transaksi setiap pembeli tanpa memperpanjang proses pembelian yang menurunkan tingkat konversi.

Selain itu, menutup akses pendaftaran dan login “resmi”, akan mengurangi resiko keamanan bagi pemilik web.

2. WP Typeface versi 1.4 + Plugin WooCommerce PDF Invoices & Packing Slips secara otomatis mengirimkan file PDF yang berisi invoice pembelian dan EULA. Versi lama hanya invoice yang berisi license usage.

3. Dengan plugin tambahan, web kita akan terhubung dengan mailchimp dan setiap pembeli akan langsung terdaftar sebagai subscriber.

Catatan : Plugin akan resmi dirilis segera setelah panduan penggunaan siap. Beberapa pengguna WP Typeface awal sudah menggunakan plugin ini versi beta.

Berbeda dengan plugin umum, plugin ini tidak mengganggu performa web.

4. Dengan plugin tambahan, kita dapat memantau statistik pengunjung dan penjualan dari aplikasi smartphone secara realtime.

Catatan : Plugin sedang dalam proses uji untuk memastikan data statistik yang dihasilkan valid.

Mari kita kembali ke tema awal, Privacy Policy dan TOS… 2 hal inilah yang apabila dimanfaatkan dengan tepat akan membuat fitur yang sifatnya abu abu tadi menjadi lebih dapat dipertanggung jawabkan secara hukum.

Privacy Policy

Privacy Policy adalah halaman yang kita buat untuk memberi informasi kepada pengunjung web tentang data apa saja yang kita simpan, tujuan penggunaan data, dan apakah kita melayani penghapusan data yang telah tersimpan.

Berikut adalah tips cara membuat halaman privacy policy yang efektif :

1. Tidak copy paste, mengambil dari generator online, atau bahkan menggunakan draft halaman privacy policy bawaan wordpress.

Mengapa?

Karena semua web unik… bahkan bisa jadi ada web yang tidak menyimpan data pengunjung sama sekali sehingga tidak membutuhkan halaman ini.

Untuk pengguna WP Typeface, kita perlu menyatakan bahwa kita menyimpan data pembeli dan sekaligus memasukkan ke dalam daftar subscriber yang bisa diunsubscribe kemudian apabila pembeli tidak berkenan.

Selain unsubscribe, pembeli juga berhak meminta kita menghapus data pribadi yang kita simpan secara manual. Kita bisa melakukan ini dengan masuk ke menu user WordPress dan menghapusnya data orang tersebut.

Kita juga perlu menyampaikan bahwa kita tidak menyimpan data pembayaran, karena menggunakan sistem pembayaran dari pihak ke 3 (paypal dsb).

2. Apabila kita menggunakan pelacak… baik itu Google Analytic, Facebook pixel atau yang lain, kita juga wajib menuliskan itu.

Pernah berkunjung ke sebuah web dan melihat pop up seperti gambar di bawah?

Gambar tersebut adalah hasil dari diberlakukannya UU GDPR yang berlaku di Eropa.

Singkatnya, hukum tersebut mewajibkan setiap website yang menggunakan pelacak untuk mendapatkan persetujuan dari pengunjung terlebih dahulu.

Untuk memenuhi persyaratan ini, kita cukup perlu memasukkan link halaman Privacy Policy kita ke menu WP Typeface >> General Settings >> Privacy Policy Page URL.

Hasilnya… web kita akan menampilkan pop up seperti gambar di bawah.

Popup ini dengan jelas mengingatkan bahwa apabila pengunjung tetap melanjutkan kunjungan, berarti menyetujui penggunaan pelacak yang kita pasang.

Catatan : Tidak perlu mengisi kolom Privacy Policy Page URL apabila web anda tidak menggunakan pelacak.

Terms of Service (TOS)

TOS adalah halaman yang kita buat untuk mengatur perjanjian jual beli antara kita sebagai seller dengan pembeli yang melakukan transaksi melalui web.

Apa saja batas layanan yang kita berikan, hak dan kewajiban seller, hak dan kewajiban pembeli, adakah garansi, apakah kita menyediakan opsi refund… semua bisa kita informasikan melalui halaman ini.

Sama seperti halaman Privacy Policy, tentu kita tidak bisa copy paste dari web lain karena masing masing dari kita tentu punya kebijakan tersendiri.

Terkait dengan “fitur abu abu” WP Typeface, salah satu yang harus tertulis di halaman ini adalah setiap pembeli terikat dengan EULA di file PDF yang tersemat di email pembelian.

Kita juga perlu tulis lagi bahwa web kita menyimpan data pribadi pembeli (kecuali pembayaran) dan memasukkan data itu dalam subscriber list yang bisa diunsubscribe kemudian.

Sekarang kita masuk ke tahap akhir… Memastikan setiap pembeli secara sadar menerima semua ketentuan yang sudah kita atur melalui Privacy Policy dan TOS.

Caranya… pertama masuk ke Dasboard WordPress >> Settings >> Privacy

Pilih halaman yang berisi Privacy Policy di dropdown, kemudian klik Use this page.

Kedua… masuk ke menu Woocommerce >> Settings >> Advanced >> Page Setup.

Pilih halaman yang berisi TOS kemudian klik save changes.

Setelah 2 langkah ini kita lakukan, di halaman cart akan tampil keterangan dan persetujuan seperti gambar di bawah.

Calon pembeli tidak dapat melakukan pembayaran sebelum dia centang checkbox yang ada.

Artinya… pembeli bersedia datanya kita simpan, menjadi subscriber secara otomatis, dan secara hukum terikat EULA meskipun mungkin mereka tidak benar benar membaca isi Privacy Policy dan TOS.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat…

© 2020 - WPTypeface.com